Situs Dosen STKIP Siliwangi Bandung - Usman Aripin, S.Pd, M.Pd

Artikel Umum

RUMUS UNTUK MENEMUKAN PASSION

Dipublikasikan pada : 16 Juli 2014. Kategori : .

Dewasa ini terdapat banyak problematika yang terjadi diera globalisasi ini. Namun ada hal yang unik dan aneh yaitu ketika saya bertanya kepada anak-anak sekarang yang sedang bersekolah kalau ditanya cita-citanya apa? Kebanyakan bingung untuk menjawab. Dimasa kecilnya yakin hampir setiap orang mempunyai cita-cita yang tinggi, tetapi semakin bertambanya usia perlahan cita-cita itu mengilang. Kenapa bisa? Kemungkinan karena kegiatan-kegiaan mereka tidak terarah kepada cita-cita mereka. Mungkin juga ketika disekolah tidak menikmati proses pembelajaran dan mereka hanya menjalankan tugas-tugas yang diberikan guru supaya mencapai ketuntasan saja. Akibatnya mereka tidak tahu kekuatan dan kemampuan (passion) mereka dimana. Terdapat salah satu alternatif solusi untuk menemukan passion seseorang. Caranya yaitu dengan memahami Energi kinetik dan energi potensial mereka. Apa itu energi potensial dan energi kinetik??

Energi artinya kekuatan dan potensial artinya potensi kempuan seseorang. Adapun rumusnya yaitu Ep= m. g h .   m adalah masa , masa ini di asumsikan sebagai pribadi dari setiap orang. Setiap orang mempunyai masa yang berbeda-beda. g merupakan gravitasi. Ketika kita ingin melompat kelangit itu tidak bisa karena ada gaya gravitasi. Dalam hal ini gaya grafivtasi di asumsikan sebagai tantangan dalam kehidupan. Tantangan merupakan hal yang biasa terjadi ketika kita mempunyai sebuah tujuan. h artinya ketinggian dan diasumsikan sebagai potensi kemampuan seseorang. Setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda artinya Ep orang itu berbeda-beda.Energi artinya kekuatan dan potensial artinya potensi kempuan seseorang. Adapun rumusnya yaitu . adalah masa , masa ini di asumsikan sebagai pribadi dari setiap orang. Setiap orang mempunyai masa yang berbeda-beda. merupakan gravitasi. Ketika kita ingin melompat kelangit itu tidak bisa karena ada gaya gravitasi. Dalam hal ini gaya grafivtasi di asumsikan sebagai tantangan dalam kehidupan. Tantangan merupakan hal yang biasa terjadi ketika kita mempunyai sebuah tujuan. artinya ketinggian dan diasumsikan sebagai potensi kemampuan seseorang. Setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda artinya Ep orang itu berbeda-beda.

Tak usah bingung ketika ingin memngetahui potensi/passion kita dimana. Tak usah menanyakan kepada teman dekat atau siapapun. Kalau kita nanya kepada orang lain passion kita dimana itu seperti kita nanya “ kalau Celana dalam saya kira-kira warnanya apa ya?”. Jadi yang tahu passion kita adalah diri kita sendiri. Untuk menemukannya cukup sederhana, coba lakukan sebuah pekerjaan atau kegiatan apa yang apabila dikerjakan walau cape, tidak dibayar tetapi senang.

Penting bagi kita untuk menemukan passion kita dimana. Kebanyakan orang besar itu karena dapat memaksimakan potensinya. Seperti pengarang laskar pelangi Andrehirata, beliau kerja disebuah perusahaan besar, tetapi yang membuat nama beliau besar adalah tulisannya. Sejak kecil beliau berbakat dalam satranya. Sekali lagi orang sukses itu orang yang bisa memaksimalkan passionnya.Bagaimana cara memaksimakan potensi kita ? itu akan dijawab oleh energi kinetik.

Energi kinetik merupakan energi gerak. Adapun rumusnya yaitu Ep = ½ m v2 . m merupakan masa dan v merupakan kecepatan. Kecepatan di asumsikan sebagai gerakan dan kerasnya usaha kita dalam merealisasikan tujuan. EKtidak kalah pentingnya untuk ditingkatkan karena pada dasarnya kesuksesan terwujud atas kerja keras kita. Dalam merealisasikan sebuah tujuan akan banyak rintangan dan tantangan, tetapi jangan patah semangat tetap harus yakin pasti bisa karena setiap permasalahan pasti ada solusinya. Allah berfirman dalam surat Al-insyirah “sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, dan apabila engkau telah selesai tetaplah bekerja keras”. Allah memerintahkan kita untuk tetap bekerja keras, artinya EK kita harus maksimal. Walaupu potensi besar kalau kecepatannya rendah tidak akan maksimal. Kesimpulannya Passion kita akan tetap hidup apabila kita dapat menggunakan EP dan EK dengan baik.

Created by :

Usman Aripin